Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Risiko Jika Mengubah Ukuran Ban Motor Anda, Berani?

Ban motor.
Sumber :

100kpj – Mengubah dandanan sepeda motor, atau modifikasi memang menjadi salah satu alternatif pemilik agar kuda besinya tampil beda dengan yang lain. Salah satu yang paling mudah adalah mengganti ukuran ban.

Selain modifikasi body dan aksesoris ada juga yang mengganti ban yang lumrah dilakukan karea selain harganya yang lebih murah dibandingkan modifikasi di bidang yang lain. Seperti mengecat motor.

Untuk pergantian ban juga tak perlu banyak perubahan macam-macam. Hanya ada dua yaitu menaikan ukurannya dari ukuran yang normal atau mengecilkannya dari ukuran yang normal.

Baca Juga:
Konyol, Bagasi Vespa Jadi Tempat Makan Baso hingga Kolam Ikan

Warga Jangan Sembarangan Bikin Polisi Tidur, Ada Denda Rp24 Juta

5 Penyebab yang Bikin Cat Motor Anda Cepat Kusam

Valentino Rossi Terancam Tak Bisa Keluar dari Italia

Namun pergantian ukuran ban tersebut bukan tanpa risiko. Lalu bagaimana jika mengganti ban yang berbeda dari ukuran normalnya?

Dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia, memodifikasi ban motor dengan profil yang lebih kecil kemungkinan ban akan lebih jadi licin serta grip ke jalan raya jadi tidak terlalu mencengkra.

Alhasil, bisa menimbukan bahaya untuk diri sendiri juga pengendara lainnya. Memakai ban yang lebih kecil  juga bisa menghambat karena harus mengatur kecepatan tidak boleh terlalu kencang karena bisa menjadi tidak stabil juga.

Memang untuk harga cukup ekonomis namun jika di bandingkan dengan keselamatannya sangat tidak worth it. Sedangkan mengganti ban motor menjadi lebih besar, kemungkinan anda juga harus mengganti swing arm, velg dan rantai.

Dengan hal tersebut kemungkinan akan memakan biaya yang cukup mahal dibandingkan mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, namun jika hanya naik sekitar satu atau dua tingkat lebih besar dari ukuran normalnya kemungkinan tidak perlu mengganti komponen yang tadi disebutkan.

Risiko yang paling utama ketika mengganti ban yang lebih besar adalah motor jadi lebih berat ketika bermanuver karena bannnya lebih berat dari yang normal.

Selain itu dapat meningkatkan risiko kurang awetnya sparepart seperti rantai dan gear ketika mengganti ban yang lebih besar. Itulah risiko mengganti ukuran ban motor, semoga dapat membantu mempertimbangkan sebelum memodifikasikan motor anda.

Berita Terkait
hitlog-analytic