Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan untuk Ditiru, Youtuber Ini Gunakan Ban Mobil di Motor

Ban Mobil
Sumber :

100kpj – Dunia modifikasi memang tidak ada batasnya, dan berbagai eksperimen bakal selalu dilakukan untuk mencapai kepuasaan. Namun, modifikasi yang dilakukan oleh Youtuber ini ternyata salah dan tak bagus untuk ditiru.

Youtuber bernama Mike Hunter tersebut mencoba untuk memasangkan ban mobil pada motornya. Dalam video yang diunggahnya, Mike memperlihatkan motor Honda Valkyrie rakitan tahun 1999 menggunakan ban mobil.

Memang di video tersebut tak memperlihatkan adanya insiden. Hanya saja modifikasi ban kendaraan seperti ini tetap tak bisa disebut sebagai ide yang bagus, apalagi untuk dipakai harian.

motor pakai ban mobil


Para pabrikan sendiri sudah memperhitungkan ban yang cocok untuk setiap motornya. Ukuran tersebut telah dipertimbangkan agar motor tersebut bisa melaju dengan aman.

Sebagaimana yang dilansir dari Rideapart, penggunaan ban mobil memang tak boleh ditiru. Karena beberapa alasan yang memang untuk keselamatan si pengendara.

Alasan tersebut adalah traksi, di mana ban mobil tidak didesain untuk berbelok dengan kemiringan. Dengan desain yang 'kotak' praktis ban mobil bakal mempunyai traksi yang sangat minim apabila digunakan berbelok.

Apalagi, di kemiringan seperti yang kebanyakan pengguna motor lakukan. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa ban-ban motor kerap didesain dengan permukaan yang cenderung membulat.

Dilansir situs resmi Suzuki, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar atau yang lebih kecil, sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Namun, dengan catatan sesuai dengan aturannya.

Biasanya, selisih ideal antara ukuran lebar ban dan pelek yang digunakan memakai selisih plus minus dua tingkat. Sebagai cotoh, jika pelek standar dengan lebar 2,75 inci, dan ban standar selebar 3 inci, maka maksimal ukuran bannya adalah 3,25 inci, atau ukuran 100/90.

Sedangkan untuk pelek 3,25 inci, maka ukuran ban maksimalnya adalah 4 inci, atau ukuran 120/70. Jika mengganti ban di luar ukuran tersebut (termasuk mengganti pelek dengan ukuran non-standar), dampaknya bisa sangat fatal.

Terlalu kecil, atau menggunakan ban cacing, akan membuat motor kehilangan daya cengkram dan meningkatkan resiko kecelakaan. Sedangkan jika mengganti ban dengan ukuran yang terlalu besar, dampaknya bisa membuat beban roda semakin tinggi dan mesin cepat panas.

Berita Terkait
hitlog-analytic