Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Efek Fatal Kalau Isi Oli Motor Berlebihan, Hati-hati

Pelumas alias oli.
Sumber :

100kpj –Ada salah satu hal yang acap luput dari perhatian pemilik sepeda motor. Yakni mengisi oli sesuai kebutuhan. Hal ini sebenarnya sudah ditentukan pabrikan yang tercantum dalam buku manual.

Sebab jika motor diberikan pelumas tidak sesuai takaran, maka bakal memiliki risiko buruk. Termasuk jika motor diisi dengan pelumas secara berlebihan.

Seperti misalnya untuk kapasitas oli mesin Honda Genio yang hanya 650ml, jangan diisi melebihi dari 650 ml. Demikian seperti dikutip situs resmi Honda, Selasa 24 Desember 2019.

Kemasan oli yang ada di pasaran memang rata-rata 0.8 sampai satu liter. Supaya takaran saat mengganti oli mesin sesuai, maka ada baiknya ganti oli di bengkel resmi,

Jika oli mesin yang hanya mampu menampung 650 ml lalu diisi 0.8 liter dampaknya sangat buruk bagi mesin. Adapun dampak yang ditimbulkan, mesin akan cepat panas atau overheat serta mempengaruhi terhadap performa mesin.

Dampak yang paling juga terjadi pada sil di bagian dalam mesin yang mudah bocor sehingga oli akan masuk ke ruang bakar. Bahaya bukan? (re2)

Berita Terkait
hitlog-analytic