Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kriteria Penilaian Kontes Mobil Klasik, Tampilan Bukan Segalanya

mobil klasik nan eksotis

100kpj – Sabtu besok, festival mobil dan motor klasik bertajuk Concours d'Elegance akan dihelat di Hotel Four Seasons Jakarta. Festival mobil dan motor klasik yang diselenggarakan Indonesia Classic Cars Owners Club (ICCOC) akan memamerkan 30 mobil dan motor klasik.

Mobil dan motor klasik nan eksotik yang rata-rata buatan Eropa tersebut juga akan ikut serta dalam kontes yang digelar pihak penyelenggara. Juri-juri kelas dunia sengaja didatangkan ICCOC untuk memberikan penilaian yang berkualitas tentunya.

Salah satunya sosok legendaris Valentino Balboni, mantan Chief Test Drive Lamborghini dan punya keahlian soal kendaraan klasik dari berbagai merek.

Nah tentu menarik untuk mengetahui kriteria penilaian dalam sebuah kontes kendaraan klasik. Masih banyak yang salah kaprah dengan mengganggap penampilan mobil dan motor yang menawan menjadi yang terpenting.

Mobil klasik

Foto:ilustrasi mobil klasik

Kriteria penilaian dalam sebuah kontes kendaraan klasik dibeberkan Stanley Atmadja, pencetus Concours d'Elegance pertama di Indonesia sekaligus presiden ICCOC.

"Yang pertama tentu kemiripan spare part atau suku cadang mobil dan motor klasik tersebut dengan versi produksinya dulu. Detail semua mulai dari mesin, interior hinigga eksterior, semua harus sebisa mungkin sama," kata Stanley kepad 100kpj saat ditemui beberapa waktu lalu.

Yang kedua, lanjut Stanley, kriteria penilaian tentu semua harus berfungsi. Mulai dari mesin yang menyala alias bisa jalan hingga bagian detail seperti wiper yang masih berfungsi. "Ini justru yang penting, percuma dong bagus kalau gak bisa jalan," kata Stanley.

Stanley juga menambahkan, hal yang terlihat sepele namun juga harus diperhatikan kontestan tentu keserasian baju peserta dengan mobil atau motor yang diperlombakan. "Harus disesuaikan dong," pungkasnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic