Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

PCX Melawan Kodrat, Dirombak Builder Bali Jadi Motor Offroad

Honda PCX disulap bergaya adventure.
Sumber :
AHM

100kpj – PCX sejatinya merupakan skutik premium yang lahir dengan tampang elegan. Namun di tangan I Putu Tony Hadi Putra, skutik bongsor Honda itu tampil benar-benar berbeda.

Ya, Putu Tony yang merupakan builder asal Bali, menyulapnya menjadi motor bergaya adventure. Mantul!

Putu Tony merupakan salah satu pemenang Honda Modification Contest (HMC) 2018. Dia kemudian ditantang Astra Honda Motor untuk menggarap PCX menjadi bergaya sekehendak hatinya.

Tanpa banyak kompromi, dia lalu mengubahnya menjadi bergaya semi offroad. Alhasil, sang PCX langsung berubah wujud memiliki kaki-kaki jangkung.



Menurut Putu, dia tertarik mengubah PCX menjadi bergaya adventure karena kegemarannya akan touring. "Saya pilih adventure karena saya suka touring. Apalagi ini matik, jadi matik pasti lebih nyaman dibawanya," kata dia di sela media gathering Honda Dream Ride Project 2019, di Tawangmangu, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Untuk memodifikasi PCX bergaya demikian, motor itu dijejali sejumlah komponen aftermarket. Mulai dari bodi, kaki-kaki, sampai part pendukung dikolaborasikan dengan apik. Semakin menarik dengan kehadiran bentuk lampu depan berpenampilan Africa Twin.



Putu tak sendiri. Untuk mengubah PCX itu, dia mendapat mentor berpengalaman, yakni Daisuke Kuriki dari tim Honda Motorcycle RnD Center Jepang, serta tim Product Development AHM.

Saat menggarapnya, Putu mengaku menemui kendala pengerjaan elektronik. Dia sadar PCX merupakan motor canggih yang sudah dikomputerisasi. Alhasil, dia meminimalkan penggarapan potong-potong kabel serta memodifikasi kelistrikan.



Kesulitan lainnya, ada pada frame skutik yang berbeda dengan motor-motor sport. Tetapi semua akhirnya bisa ditangani dengan baik.

"Dalam pengerjaan jujur saya menemui kesulitan elektronik. Karena ada teman di Bali, modifikasi kelistrikan eh ECU-nya jebol."



"Akhirnya motor ini selesai dan nyaman saya kendarai. Saya sangat puas dengan hasil ini. Kalau untuk full offroad tidak, kalau untuk semi okelah," tuturnya.

Berikut detail modifikasi PCX garapan Putu:

Builder: I Putu Tony Hadi Putra
Advisor: Daisuke Kuriki (Honda Motorcycle RnD Center, Japan)
Concept: Adventure matik

Body: Custom body work (Galvanised Plate)
Frame: Custom Sub Frame
FR Tire: Tubeless Tire 90/90 17 inci, Corsa Platinum Cross S
RR Tire: Tubeless Tire 110/80 14 inci, Corsa Platinum Cross S
Wheels: Spoke Wheels FR 2.15 17 inci/RR 2.50 14 inci
FR/RR Hub: Aftermarket
Headlamp: Aftermarket
Stoplamp: Aftermarket
Steering Handle: Aftermarket
FR Suspension: USD Aftermarket
RR Suspension: Double Subtank aftermarket
Backmirror: Aftermarket
Air Filter: Aftermarket
Hand Grip: Aftermarket
Seat: Custom
Exhaust System: Custom Silincer and Pipe
Windshield: Custom
Foglamp: Aftermarket
Hand Guard: Aftermarket
RR Fender: Honda CBR250RR
RR Rack: Custom.
Berita Terkait
hitlog-analytic