Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Custom Bikin Kaget Pameran, Gak Nyangka Aslinya Yamaha MX-King

Motor custom bikin geger
Sumber :

100kpj – Pameran otomotif Art of Speed (AoS) di Selangor, Malaysia tahun ini sukses dibikin geger. Sebuah motor custom dengan tampang gagah ala MotoGP menjadi pusat perhatian pengunjung. Yang membuatnya spesial ternyata aslinya Yamaha MX-King, bukan YZR-M1 yang jadi motor resmi tim Yamaha di MotoGP.

Motor custom spesial ini dijuluki 'Y Suku' oleh para buildernya yang tergabung dalam Geng Tayar Besar (GTB). Rupanya motor ini dibangun dari motor MX-King yang di Mlalaysia disebut dengan Yamaha Y15ZR. Pasti tidak disangka.

Di negeri Jiran tersebut, Yamaha MX-King memang menjadi salah satu motor yang paling banyak jadi korban keusilan para modifikator dan builder. Hal itu juga dibuktikan dengan banyaknya motor modif dan custom yang menggunakan bahan MX-King di pameran tersebut.



MX-King atau Y15ZR tersebut memang dirombak dan didandani dengan beberapa aksesoris ala superbike. Mulai dari ukuran ban yang besar, suspensi sampai ke sektor pengereman alias piringan cakram yang lazim disematkan pada superbik.

Lalu bagaimana bisa? Untuk mengubah penampilan, para builder langsung menggunakan swingarm sebuah motor sport yang memungkinkan dipasang ban belakang ukuran 140 hingga 180. Sedangkan untuk ban depan juga dicomot yang ukuran besar. Suspensi depannya juga telah menggunakan model upside down.

Untuk lebih meyakinkan sebuah superbike, para builder juga menyematkan fairing, lampu LED dan warna cat yang mirip motor buas Yamaha. Mungkin satu-satunya yang membuat Anda sadar adalah saat mengendarainya langsung.

Namun aksi 'penipuan' ini memang membutuhkan banyak biaya. Untuk mengubah menjadi gaya superbike, ternyata harus mengeluarkan uang sebanyak empat kali lipat dari harga MX-King yang sebenarnya. Hal itu diungkapkan Rudy Norman, sang pemilik GTB.

Berita Terkait
hitlog-analytic