Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Rangka Sama, Honda PCX Ternyata Bisa Pakai Bodi ADV 150

Honda ADV 150

100kpj – Honda merilis skutik petualang ADV 150. Motor itu lahir dari pengembangan rangka dan sektor mesin dari PCX 150. Maka tak heran kalau sejumlah pihak menyebut, kalau PCX memungkinkan kalau menggunakan bodi ADV 150 atau sebaliknya. Benarkah?

Terkait hal ini, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno angkat bicara. Kata dia, bisa saja baik PCX dan ADV 150 bertukar bodi. Namun, harus ada sejumlah perubahan atau pergantian komponen pendukung.

"Kalau ditanya bisa atau tidak, tentu bisa. Tapi terlalu memaksa, karena ada banyak komponen yang tidak sama," kata Endro di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin 22 Juli 2019.

Dia mencontohkan, salah satunya adalah dudukan cover body. "Lalu juga dudukan shock, lalu dudukan kabel, kemudian bagian lampu dan suspensi belakang juga berbeda. Jadi repot juga kan?" sambungnya.

Endro sempat berkelakar, satu-satunya cara paling mudah menyulap PCX 150 menjadi ADV, adalah dengan melakukan transaksi tukar-tambah di diler terdekat.

"Karena konsep keduanya kan berbeda, jadi komponen yang tertanam di dalamnya juga tidak sama. Sudah disesuaikan oleh pabrikan sejak awal. Jadi kalau memang tertarik sama PCX, kenapa harus membeli ADV (untuk diubah menjadi PCX)?" tutup dia.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic