Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget saat Buka Kap Mesin Mobil Jadul Ini

BMW E36 yang dimodifikasi mesinnya.
Sumber :

100kpj – Mobil BMW seri E36 sempat menjadi idola di kalangan para pencinta dunia otomotif. Selain tampilan yang mewah di zamannya, kendaraan ini juga dibekali mesin yang cukup bertenaga.

Bahkan pabrikan asal Jerman itu juga menyediakan versi kompetisi, yang diberi nama BMW M3. Tak heran jika kemudian banyak yang menggunakan model ini, untuk jadi andalan di ajang balap.

Namun, ada yang lebih mengejutkan dari BMW 320i milik seseorang di Norwegia. Dilansir dari Carscoops, Selasa 21 Desember 2021, mobil lansiran era 1990-an miliknya dipasangi mesin yang bisa membuat setiap orang terkaget-kaget.

Saat kap mesin dibuka, maka akan terlihat jantung pacu 12 silinder berkapasitas 5.600cc yang diambil dari sisa BMW 850CSi bekas tabrakan. Model ini merupakan varian paling tinggi dari Seri 8, dan memang dirancang untuk bisa menghasilkan performa tinggi.

BMW E36 yang dimodifikasi mesinnya.

Para insinyur BMW meracik ulang komponennya, serta menambahkan sistem injeksi Bosch Motronic 1.7. Saking banyaknya bagian yang diubah, mereka sampai harus memberi kode baru pada mesin tersebut.

Hasilnya tidak sia-sia, jantung pacu itu bisa menghasilkan tenaga sebesar 375 daya kuda dan torsi 550 Newton meter. Akselerasinya dari kondisi berhenti hingga mencapai kecepatan 100 kilometer per jam, yakni 5,9 detik.

Berita Terkait
hitlog-analytic