100KPJ

Waspada, Ini Bahayanya Jika Gunakan Kampas Rem Motor yang Palsu

Share :

100kpj –  Rem menjadi salah satu komponen terpenting di sepeda motor, karena menjadi sistem keamanan saat kita berkendara. Sayangnya, masih banyak kampas rem palsu yang di jual, tanpa diketahui oleh konsumennya.

Prinsip kerja rem adalah dengan memanfaatkan gesekan yang terjadi antara 2 buah brake pad atau kampas rem dengan piringan cakram. Ketika pedal rem diinjak maka master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper.

Piston ini akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram sehingga laju kendaraan menjadi terhenti. Salah satu perawatan yang berhubungan dengan sistem rem adalah pada komponen kampas rem.

Kampas rem merupakan komponen yang memiliki tugas untuk menekan piringan cakram atau tromol untuk menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi ini menyebabkan kampas rem semakin lama akan semakin menipis, sehingga perlu diganti.

Dikutip dari Wahana Honda, apabila kampas rem yang sudah tipis tidak segera dilakukan penggantian maka pengereman akan menjadi tidak optimal. Sayangnya, banyak kampas rem yang beredar dipasaran menawarkan harga murah dibandingkan harga part aslinya.

Berikut Dampak Gunakan Kampas Rem Palsu:

Share :
Berita Terkait