100KPJ

Seri Pembuka di MotoGP Portugal 2023 Mencetak Sejarah Baru, Apa Itu?

Share :

100kpj – Gelaran balap MotoGP musim ini akan dimulai di Sirkuit Autódromo Internacional do Algarve di Portimao, Minggu 26 Maret 2023. Seri pembuka MotoGP Portugal 2023 ini pun mencetak sejarah baru di balap motor ini.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, MotoGP Portugal tahun ini cetak sejarah dengan menjadi seri pembuka MotoGP di ranah Eropa. Setelah sekian lama MotoGP Qatar jadi langgangan seri perdana pada kasta pertama adu balap ini.

Terakhir ronde pembuka MotoGP diadakan di ranah Eropa adalah musim 2006 di MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez. Setelahnya, atau terhitung 2007-2022 selalu langgangan MotoGP Qatar jadi ronde pembuka MotoGP.

Alasan MotoGP Qatar absen sebagai ronde pembuka MotoGP karena ada perbaikan sirkuit agar sesuai dengan homologasi ajang jet darat atau F1. Alhasil MotoGP Portugal 2023 di sirkuit Algarve Portimao didaulat jadi seri pembuka.

Tak cuma itu, MotoGP Portugal 2023 juga menjadi seri pertama yang menggelar sprint race. Sprint Race digelar di hari Sabtu dan merupakan balapan pendek.

Pada musim ini, bakal ada Sprint Race, yang membuat agenda sedikit berubah. Pada 2023, akan ada 21 seri di MotoGP dan dengan hadirnya Sprint Race, maka pembalap kelas utama harus menjalani total 42 balapan.

Diadakannya Sprint Race sendiri demi membuat balapan MotoGP menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Durasi balapan Sprint Race adalah 50 persen dari jumlah lap yang diperlombakan pada balapan MotoGP di seri tersebut.

Share :
Berita Terkait