100KPJ

Kenapa Pemecatan Pembalap MotoGP Asal Malaysia Terburu-buru?

Share :

100kpj – Red Bull KTM Tech 3 resmi mengakhiri kerjasamanya dengan pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin di ajang MotoGP 2019. Keputusan itu dinilai terlalu cepat, sebab kompetisi baru saja memasuki pertengahan musim.

Namun, Tech 3 menyatakan bahwa langkah yang pihaknya ambil sudah melalui pertimbangan matang. Apalagi, pembalap pengganti Syahrin di musim depan, Brad Binder, memang telah lama mereka bidik untuk menjadi bagian dari tim.

“Bergabungnya Binder di dalam tim merupakan momen yang sangat dinantikan KTM Tech 3. Sebab, dia pembalap yang sudah lima tahun bersama KTM, bahkan pernah meraih juara. Aku sangat yakin dia akan tampil maksimal musim depan. Aku tak sabar melihatnya bertarung di pentas MotoGP,” ucap manajer tim KTM Tech 3, Pit Beirer, seperti dikutip GPone, Jumat 12 Juli 2019.

Apabila membandingkan performa keduanya di musim ini, terlihat ada ketimpangan yang signifikan. Sejauh gelaran MotoGP berlangsung, Syahrin baru berhasil memetik tiga poin. Selebihnya, ia terpaksa kehilangan angka karena jatuh di tengah persaingan balap.



Sedang Binder sebaliknya. Saat ini, pembalap kelahiran Afrika Selatan itu sedang duduk di peringkat delapan klasmen Moto2 sementara. Ia mengantongi 84 poin, berjarak enam angka dari Luca Marini di atasnya.

Tak hanya itu, pria 23 tahun itu juga memerlihatkan tren positifnya sepanjang musim. Bahkan, di GP Jerman pekan lalu, ia berhasil meraih podium kedua, dengan hanya berjarak 1,2 detik dari sang pemenang, Alex Marquez, yang berada di depannya.

Perbandingan tersebut membuat Tech 3 mantap memasukan Binder ke tim untuk menggantikan Syahrin. Binder sendiri telah menyepakati kontrak yang disodorkan KTM beberapa waktu lalu, setelah sebelumnya ia sempat melakukan ujicoba menggunakan KTM RC 16 milik Syahrin.

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Syahrin, soal kemana ia akan berlabuh musim depan. Beredar kabar, sudah ada dua tim yang menyatakan ketertarikan untuk merekrutnya.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Share :
Berita Terkait