100KPJ

Jalan untuk Kontainer MotoGP di Mandalika Biayanya Ratusan Miliar

Share :

100kpj – Layaknya rombongan sirkus, MotoGP selalu berpindah tempat dari sirkuit satu ke sirkuit lainnya. Semua peralatan dari mulai motor hingga spare part diboyong ketika pindah, dari sirkuit satu ke sirkuit lainnya.

Hal tersebut membuat tuan rumah yang kebagian menjadi tuan rumah MotoGP, harus punya persiapan yang matang tak hanya sirkuit, tapi fasilitas lainnya seperti jalan raya dari bandara menuju sirkuit.

Jalan dari bandara menuju sirkuit perannya sangat penting, karena selain sebagai jalur pengiriman barang-barang keperluan tim. Jalan itu juga digunakan oleh pembalap, karena setelah mendarat di bandara, biasanya pembalap menuju sirkuit. Atau sebaliknya, beres balapan pembalap langsung menuju bandara.

Nah, karena perannya yang sangat penting membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menargetkan pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - sirkuit Mandalika rampung sebelum ajang MotoGP Indonesia dimulai  

"Khusus untuk dukungan MotoGP kami ditugaskan khusus membangun jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika, dimana sekarang sudah terkontrak pekerjaannya dan sedang berjalan konstruksinya. Jalan ini akan selesai sebelum ajang MotoGP di Indonesia dimulai pada tahun 2021,” ungkap Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR dikutip dari Antara. 

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) /Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika Kementerian PUPR sejak tahun 2019-2021 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,7 triliun yang digunakan untuk infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp154 miliar, jalan dan jembatan Rp1,45 triliun, permukiman Rp223 miliar, dan perumahan Rp132 miliar.

Share :
Berita Terkait