100KPJ

Harga RX King Bekas di Pasaran Makin 'Kurang Ajar'

Share :

100kpj – Sebagai motor legendaris Yamaha, peminat RX King hingga kini belum juga surut. Kendati produksinya sudah dihentikan, namun geliatnya di pasar motor bekas tetap saja kental terasa.

Bahkan sebagian model memiliki harga yang makin tak masuk akal, jika melihat statusnya sebagai kuda besi seken yang tak lagi muda.

Pemilik diler motor bekas Tirta Motor, Dul Ahmadi, di kawasan Bekasi, Jawa Barat membenarkan, bahwa sampai hari ini banyak pelanggan yang datang ke tokonya untuk mencari RX King.

"Masih banyak yang minat, tapi seringnya kita tolak, kita bilang enggak ada. Soalnya barang susah dicari. Biasanya mereka mau yang keluaran 1995 sama 1997, tapi mulai susah dapatnya," ungkapnya, saat ditemui 100KPJ, Senin 25 Maret 2019.

Menurutnya, kelangkaan barang bisa membuat harga RX King mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, katanya, bisa sampai puluhan juta rupiah.

"Orisinil yang mahal, angkanya sesuai kesepakatan. Bisa puluhan juta. Kalau enggak deal, enggak saya ambil. Nah, untuk yang kemarin, saya sempat nyediain yang 1995, masih lumayan okelah. Kena di (angka) R13 juta," tambahnya.

Beralih ke diler motor bekas lain, yang letaknya tak jauh dari diler sebelumnya, terpampang satu motor RX King gelap di sudut gerai. Diler bernama Dian Motor di kawasan Kranji, Bekasi Barat itu, mengaku bahwa motor itu adalah RX King tahun 1997.

"Sudah dipesan. Harganya Rp12 juta. Sementara belum stok lagi," ungkap Adi, sang pemilik diler.

Terus Menggila

Pemilik sepeda motor Yamaha RX King sepertinya kini bisa berbangga hati. Sebab motor dengan mesin dua-tak tersebut juga masuk dalam kategori diburu orang.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh salah seorang anggota komunitas King's Club Djakarta, Gilbert Ciputra. Dia mengatakan, harga RX King di pasaran jauh lebih tinggi dari saat membeli baru.

"Jadi harganya enggak masuk akal sekarang. Kalau mau beli motor ini, yang jual pasti nanya, punya duitnya berapa? Enggak bisa lagi berdasarkan tahun," kata pria yang akrab disapa Putra tersebut saat ditemui beberapa waktu lalu di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kendaraan roda dua yang mendapat julukan 'motor jambret' ini, kata Putra, bisa dibanderol puluhan hingga ratusan juta rupiah. Apalagi jika kondisinya terawat dan merupakan edisi spesial.

Putra sendiri mengaku menjual Yamaha RX King Spesial Edition tahun 2003 miliknya. Putra mengatakan, motornya merupakan produk edisi Ulang Tahun ke-20 RX King. Sehingga, dia cukup percaya diri menawarkan motornya seharga Rp50 juta.

"Ini RX King Special Edition tahun 2003. Saya beli tahun 2008 dengan harga Rp7 juta. Jadi, bukan beli bahan terus dibangun," ujar dia.

Putra mengatakan, perbedaan motor ini dengan model standar ada pada warnanya, yang mengkombinasikan hitam dengan emas di beberapa bagian. Jok motor juga dilapis menggunakan warna coklat dan hitam dari pabriknya.

Selain itu, motor ini cuma diproduksi tiga bulan, September sampai November 2003 dengan jumlah tak lebih dari lima ribu unit.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Share :
Berita Terkait