100KPJ

ABS Bermasalah, Ratusan Kawasaki Z900 Ditarik dari Edaran

Share :

100kpj – Kawasaki Amerika Serikat setidaknya harus kembali menarik 497 unit motor tipe Z900 dari edaran. Motor retro klasik ini memiliki masalah pada ABS, seperti yang terjadi di Jepang pada Februari lalu.

Penarikan ini berdasarkan himbauan dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA).  Mereka meminta perbaikan pada perangkat rem ABS untuk Kawasaki Z900, Z900RS dan Z900RS Cafe produksi 2018 karena berisiko macet.

Pabrikan juga menyatakan bahwa roda depan atau belakang dapat mengunci secara tiba-tiba; dengan tidak perlu menginjak rem. Ini bisa berarti kejutan yang sangat buruk, terutama bagi pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi di jalan raya.

Permasalahan dikarenakan saat proses produksi perangkat ABS itu masih menyisakan gram-gram bubut yang bisa menyebabkan saluran hidrolik tersumbat. Masalah ini ditemukan ketika melakukan tes kontrol kualitas (QC).

Seperti dilansir Rideapart, ternyata vendor komponen ABS telah mengganti perangkat bubutnya sejak Oktober 2018. Namun, bentuk hasil bubutan pada bodi pompa ABS tidak presisi sehingga bisa menggerus bodi aluminiumnya saat dioperasikan dan menghasilkan gram yang bisa menyumbat sistem rem.

Pihak Kawasaki Amerika Serikat sendiri sudah memberitahu para pemilik Z900 ABS agar menghubungi diler terdekat untuk mengecek sistem ABS.  Recall telah dilakulan sejak 15 Februari 2019 lalu.

Share :
Berita Terkait