100KPJ

Rencana Konversi Motor Listrik Dapat Subsidi Rp10 Juta Biar Lebih Menarik

Share :

100kpj -:Konversi motor listrik menjadi salah satu cara pemerintah untuk menekan emisi gas buang yang dihasilkan dari mesin pembakaran, selain memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik baru.

Pemerintah menerapkan insentif Rp7 juta untuk konversi motor bahan bakar ke tenaga listrik sejak Maret 2023. Namun untuk lebih menarik minat masyarakat agar beralih ke motor ramah lingkungan, nilai subsidi itu direncanakan lebih besar.

Salah satu yang mengusulkan adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, agar motor listrik lebih diminati insentif untuk konversi diperbesar mencapai Rp10 juta. Sehingga dapat mendorong masyarakat beralih ke kendaraan tanpa emisi dengan modal terjangkau.

"Penguatan kendaraan listrik, ada wacana insentif dari Rp7 juta ke Rp10 juta untuk motor listrik konversi," ujar Kang Emil sapaan akrabnya

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi juga memiliki pemikiran serupa, jika lebih diringankan diharapkan daya tariknya meningkat.

"Semakin menarik, tentunya semakin seneng, karena kita melihat cuaca seperti ini, melihat polusi seperti ini, tentu kita mendorong, Salah satu alternatif tentunya yang ide dipikir kalau misalnya seperti itu tentunya lebih menarik buat masyarakat," tutur Dwinanda kepada wartawan, dikutip Senin 21 Agustus 2023.

Share :
Berita Terkait