100KPJ

Ekspor Motor Buatan Lokal Menurun, Hanya 700 Ribu Unit di 2022

Share :

100kpj - Sepeda motor masih menjadi alat trasportasi paling diminati di Indonesia. Ada berbagai faktor yang membuat kendaraan roda dua tersebut laris manis, diantaranya harga yang lebih terjangkau.

Tercatat ada beberapa pabrikan yang membuat motor di Indonesia untuk kebutuhan pasar ekspor, diantaranya Yamaha, Honda, Kawasaki, dan Suzuki.

Motor-motor buatan Indonesia tersebut jenisnya beragam, ada matik atau skuter, bebek, underbone, naked, hingga sport fairing. Ada sejumlah negara yang berlangganan membeli motor buatan lokal, seperti kawasan Asean atau Eropa.

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), dikutip, Kamis 12 Januari 2023, motor buatan anak bangsa berhasil terjual ke luar negeri sebanyak 743.551 unit selama Januari-Desember 2022. Pencapaian tersebut menurun dibandingkan 2021, yaitu sebanyak 803.931 unit.

Jika melihat data per bulan, ekspor motor buatan lokal di tahun lalu menurun saat memasuki dua bulan terakhir, pada November angka yang tercatat 52.361 unit, dan Desember kembali merosot menjadi 47.362 unit. Hal yang wajar mengingat karena krisis komponen chip semi konduktor.

Model terlaris yang di ekspor masih mendominasi skutik sebesar 67,12 persen, urutan kedua jenis sport 21,51 persen, sementara underbone 11,37 persen. Tidak ada informasi, brand motor yang menjadi penyumbang terbesar, namun berkaca dari data tahun-tahun sebelumnya motor buatan PT Astra Honda Motor (AHM) selalu menjadi primadona.

Share :
Berita Terkait