100KPJ

Perjalanan Bisnis Ducati: Dulu Bikin Pompa dan Radio, Kini Jual Motor

Share :

100kpj – Saat ini, publik mengenal Ducati sebagai perusahaan sepeda motor asal Italia. Padahal, sebelum berkecimpung di dunia roda dua, mereka sempat menjual radio, pompa, dan sejumlah perangkat elektronik lain. Lantas, bagaimana perjalanan lengkapnya?

Disitat melalui berbagai literasi, Rabu 8 Juni 2021, Ducati lahir pada 1926 dengan nama Societa Radio Brevetti Ducati atau SRBD. Kala itu, produk pertama yang mereka jual adalah radio bernama Energia.

Baca juga: Sangarnya Ducati Panigale V4S, Cuma Kalah 2 Detik dari Motor MotoGP

Proyek tersebut bermula ketika tiga bersaudara, Bruno, Adriano, dan Marcello Ducati, bersepakat untuk membangun usaha keluarga yang bergerak di bidang elektronik. Itulah mengapa, setelah meluncurkan radio, SRBD memperluas cakupan bisnisnya dengan membuat kalkulator, pompa, dan juga kamera.

Pergerakan bisnis mereka bisa dibilang stabil, bahkan cenderung meningkat. Sebelum akhirnya, ketika perang dunia kedua berkecamuk di Eropa, pabrik utama SRBD yang berlokasi di Bologna hancur lebur usai dihantam ledakan bom besar.

Meski mengalami kerugian besar, namun ada ‘sisi baik’ dari kejadian tersebut. Sebab, dengan begitu, Ducati mulai mengubah arah bisnisnya. Setelah seluruh bahan baku elektroniknya hangus, mereka mulai mencari peruntungan lain di bidang otomotif.

Share :
Berita Terkait