100KPJ

'Perkawinan' Pertamina dan Pegadaian, Bikin Minyak Jelantah Jadi Emas

Share :

100kpj – PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan PT Pegadaian dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pengelolaan sampah, apalagi Bank Sampah Pertamina telah berhasil mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel.

Nah, dengan kolaborasi tersebut besar harapannya dua perusahaan pelat merah ini untuk membantu menanggulangi permasalahan sampah dan lingkungan. Juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan mendapatkan nilai keekonomian yang lebih tinggi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, Bank Sampah yang menjadi binaan Pertamina, telah berhasil mengolah minyak jelantah menjadi bahan bakar biodiesel. Bahkan, telah mendapatkan sertifikasi sehingga ini ada peluang untuk mendukung gerakan energi baru terbarukan.

“Kolaborasi ini diharapkan akan menarik minat masyarakat untuk mengumpulkan minyak jelantah, terutama ibu-ibu rumah tangga, untuk ditukar dengan tabungan emas,” ujar Fajriyah dikutip dari keterangan resmi, Jumat, 2 Oktober 2020.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina, Tajudin Noor, mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi antar-BUMN yang mengedepankan aspek inklusif dan kolaboratif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. 

Melalui program ini, dia berharap Pertamina dan Pegadaian dapat berkontribusi mendukung pemerintah pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Share :
Berita Terkait