100KPJ

Sejak Lahir di Indonesia, Lebih dari 1,8 Juta Unit Avanza Mengaspal

Share :

100kpj – Toyota Avanza pertama kali diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 11 Desember 2013 lalu. Di awal karirnya Avanza berhasil terjual lebih dari 43 ribu unit. Lalu diumurnya yang ke 16 tahun sudah jutaan unit mengaspal di jalanan Tanah Air.

Marketing Direktur PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, lahirnya Avanza merupakan upaya Toyota memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil tujuh penumpang yang handal dan tangguh. Dan bersyukur di usianya ke 16 tahun ini Avanza masih dipercaya konsumen.

“Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza yang kini tampil lebih modern dan nyaman masih tetap tumbuh sebesar 6,9 persen di akhir tahun 2019 ini,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis 12 Desember 2019. 

Lebih lanjut Anton menjelaskan, pasar Low Multi Purpose Vehicle berkembang sangat pesat saat Avanza muncul pada 2003 silam Mengingat satu tahun sebelum kehadirannya, penjualan pasar mobil keluarga kelas rendah itu hanya menorehkan angka lima ribu unit per-tahun. 

“Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di tahun 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit,” tuturnya.

Menurutnya, Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen Low MPV. Seperti diketahui, beberapa merek mulai menjual mobil sejenis, seperti Mitsubishi dengan Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Wuling Confero.

Share :
Berita Terkait