100KPJ

Seluruh Speedometer Kendaraan di Dunia Sengaja Dibuat Ngaco, Kenapa?

Share :

100kpj – Saat berkendara, satu-satunya alat yang bisa dijadikan acuan untuk mengukur kecepatan adalah speedometer. Biasanya, alat itu berbentuk lengkungan angka dengan jarum merah di bagian tengah.

Namun demikian, rupanya belum banyak yang tahu bahwa speedometer tidak pernah menampilkan kecepatan sesungguhnya. Bahkan, angka yang tertera di sana jauh lebih tinggi dibandingkan laju aslinya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Faktanya, seluruh pabrikan mobil dan sepeda motor di dunia sengaja membuat speedometer dengan setting-an ‘ngaco’ alias tidak benar-benar tepat. Melansir laman The Globe and Mail, seperti dikutip Rabu 9 Oktober 2019, hal tersebut sengaja dilakukan untuk mencegah kecenderungan pengemudi menambah kecepatannya.

“Speedometer selalu menunjukkan angka lebih kencang dari laju aslinya. Bukan curang, tapi hal tersebut memang sudah tertuang di dalam International Agreements (kesepakatan global) soal produksi kendaraan,” ujar pakar otomotif asal Kanada, Thomas Tetzlaff.

Di dalam kesepakatan global tersebut, tertulis bahwa angka yang ditampilkan di speedometer haruslah 10 persen plus dua kilometer lebih tinggi dari laju asli kendaraan. Artinya, jika kecepatan sesungguhnya berada di kisaran 90 kilometer per jam, maka yang tampil di speedometer adalah 101 kilometer per jam.

Share :
Berita Terkait