100KPJ

Serap 300 Pekerja, Esemka Produksi Pikap Bima 12 Ribu per Tahun

Share :

100kpj – Mobil bermerek ESEMKA produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) telah meluncurkan mobil pertamanya ke pasaran, yakni jenis pikap bernama Bima. Esemka pun langsung mematok target tinggi per tahunnya.

Peluncuran pun dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo di pabrik Esemka yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019. Pikap Bima sendiri hadir dalam dua varian mesin, yakni 1.300cc dan 1.200cc.



Untuk harga, pikap yang dilihat sekilas mirip dengan produk dari Changan asal China itu dibanderol Rp95 juta off the road. Dengan harga murah tersebut, Jokowi yakin bakal laris manis.

Sementara itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto yakin Esemka akan meningkatkan perekonomian bangsa. Seperti membuka lapangan kerja baru.

“Pada tahap awal akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal,” kata Hartarto dilansir dari situs Setkab.



Dalam proses produksinya, PT SMK berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan komponen lokal. Ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) bersama Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen Otomotif (PIKKO) pada Agustus 2019 lalu di Jakarta.

Pada tahun pertama PT SMK akan memproduksi sebanyak 3.500 unit pikap Bima. Di mana, kapasitas produksi total sebesar 12.000 unit per tahun.

Share :
Berita Terkait