100KPJ

Porsche Kini Punya Mobil Listrik Mewah

Share :

100kpj – Empat tahun yang lalu, Porsche memperkenalkan sebuah model di salah satu pameran otomotif kenamaan. Mobil itu berstatus purwarupa yang mereka sebut Mission E Concept.

Kini, mobil itu telah menjelma jadi tunggangan listrik pertama Porsche yang edisi produksinya ditawarkan dalam dua varian, Turbo dan Turbo S.

Menurut rencana, Porche Taycan akan melakoni debutnya di ajang Frankfurt Motor Show 2019. Demikian seperti dikutip Carscoops, Jumat 6 September 2019.



Ada satu hal menarik dari Porsche Taycan. Selama pre-order dilakukan, peminat mobil listrik tercepat di dunia ini sudah tembus 20 ribu unit. Padahal, harga mobil ini tak murah, karena akan dipasarkan dengan harga Rp2,1 miliar sampai Rp2,6 miliar. Pre-order sendiri dilakukan saat mobil itu masih berstatus purwarupa.

Ngomongin soal tampilan, Porsche Taycan merupakan sedan dengan kap depan lebar dan rendah. Atapnya dibuat melengkung halus serta terdapat beberapa lekukan di bagian samping. Sementara pada belakang, tampak tulisan Porsche yang menyatu dengan taillight-bar.



Melalui desain tersebut, Porsche Taycan memiliki koefisien drag yang baik. Bahkan nyaris setara supercar, 0,22. Efeknya menunjang performa dan membuat konsumsi daya lebih efisien.

Walaupun disebut Turbo, Taycan ini sebenarnya tidak mempunyai unit turbo sungguhan. Porsche menggunakan nama itu hanya sekadar pemanis lantaran statusnya sebagai mobil listrik tercepat.



Baik pada Taycan Turbo dan Turbo S, keduanya dibekali sepasang motor permanent magnet synchronous. Di Taycan Turbo S, sumber elektrik yang digendong mampu menghasilkan tenaga 625 PS, atau 761 PS dalam mode overboost diaktifkan. Hasilnya, Taycan Turbo S punya tenaga mengerikan. Sedangkan pada varian Turbo, juga menghasilkan tenaga 625 PS, tetapi apabila menggunakan mode Launch Control, model ini cuma boleh menghasilkan tenaga overboost 680 PS.

Kedua model Taycan disebutkan menggunakan bateri 93.4 kWh, dengan kapasitas pengecasan maksimum 270 kW.



Dalam kondisi baterai penuh, Porsche Taycan diklaim dapat menempuh jarak maksimum 450 km untuk tipe Turbo dan Turbo S 412 km. Menggunakan unit fast-charging 150 kW, pengisian baterai Porsche Taycan hanya membutuhkan waktu 36 menit untuk mencapai 80 persen.

Share :
Berita Terkait