100KPJ

BYD Umumkan Lokasi Pabrik Mobil Listriknya di Indonesia

Share :

100kpj - Build Your Dream, atau BYD yang menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia sejak awal tahun ini, berkomitmen membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya mendirikan pabrik untuk memproduksi mobil listrik.

Sebelum pabrik tersebut dibangun, PT BYD Motor Indonesia sebagai lengan penjualannya di dalam negeri mendatangkan tiga produk dengan status impor utuh alias CBU (Completely Built Up), yaitu BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Mengingat komitmennya akan produksi mobil listrik di dalam negeri, maka ketiga produk yang dijualnya saat ini mendapatkan insentif CBU dari pemerintah, berupa bebas bea masuk, dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) ditanggung pemerintah.

Diketahui, pemerintah memberikan insentif tersebut hanya selama 2 tahun, artinya pada 2026 pabrik BYD di Indonesia sudah harus siap produksi lokal. Nantinya kapasitas produksi mobil listrik tersebut akan disesuaikan dengan jumlah unit yang mereka impor selama menikmati insentif dari negara.

Jika unit yang diproduksi lokal jumlahnya lebih sedikit dari kuota impor mereka, BYD akan mendapatkan sanksi. Lantas di mana lokasi pabrik mobil listrik asal Tiongkok tersebut?

Melalui pameran Periklindo Electric Vehicle Show, atau PEVS 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menyebut, lokasi pabriknya berada di Kawasan Industri Subang Smartpolitan , Jawa Barat yang dikelola Suryacipta City of Industri.

Share :
Berita Terkait