100KPJ

Mobil Listrik BYD Seal Punya Atap Kaca, Apakah Bisa Pecah?

Share :

100kpj - Built Your Dream, atau BYD merupakan merek mobil listrik terlaris di dunia. Jenama asal China itu resmi masuk ke Indonesia dengan merilis 3 produk sekaligus, salah satunya BYD Seal.

BYD Seal punya desain yang cukup berbeda dari mobil listrik pada umumnya, terlebih pada bagian atap. Sedan pelahap seterum itu hadir dengan atap yang terbuat dari kaca, sekaligus menjadi panoramic roof.

Umumnya mobil listrik, atau mobil bermesin bahan bakar sekalipun atapnya menyatu dengan bahan bodi utama, sedangkan kaca di plafon hanya tambahan sebagai sunroof, atau panoramic dengan ukuran terbatas.

Sedangkan Seal seluruh bagian plafonnya terbuat dari kaca transparan dengan efek hitam. Sehingga terlihat lebih futuristik seperti halnya mobil konsep di masa depan. Lantas apakah kaca itu aman saat terjadi benturan, atau kecelakaan?

Head of Product BYD Motor Indonesia, Bobby Bharata mengatakan, panoramic roof dengan area 1,9 meter persegi itu menggunakan dua glass visible rate, ditambah perlindungan ganda untuk menyerap sinar Ultraviolet Violet, dan mereduksi cahaya kurang dari 4,2 persen.

"Saat pengujian bagian atas, kaca tidak pecah, cuma retak-retak saja. Bahannya kayak kaca depan cuma ditambah lagi UV resistance," ujar Bobby di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin 5 Januari 2024.

Share :
Berita Terkait