100KPJ

Avanza, Innova atau Xenia Yang Bakal Hadir Versi Hybrid

Share :

100kpj – Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, PT Astra Daihatsu Motor merilis mobil konsep hybrid bernama Hy-Fun. Menariknya mobil berjenis Multi Purpose Vehicle itu pertama kali dirilis di dunia.

Bahkan digadang-gadang, Hy-Fun sebagai cikal bakal Toyota Avanza atau Innova hybrid. Mengingat kedua merek tersebut beraliansi di dalam negeri, dan beberapa produk Toyota memang diproduksi di pabrik Daihatsu.

Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy masih menutup rapat-rapat informasi tersebut. Dia mengatakan, yang mengetahui informasi lebih dalam soal Hy-Fun adalah Daihatsu, karena Toyota menunggu keputusan principal.

“Saya tidak berani bersepekulasi, karena bu Amel sendiri bilang itu mobil konsep. Jadi kami enggak mau berasumsi, kita menunggu dari principal produk apa, engine dan akomodasi yang cocok untuk pasar,” ujarnya di Jakarta.

Meski mobil konsep Daihatsu selalu diwujudkan untuk diproduksi massal, namun menurut Anton tidak semua purwarupa yang dirilis Toyota atau Daihatsu masuk tahap tersebut. Karena ada juga yang hanya sekadar dipamerkan.

“Sabar nanti diinformasikan lebih lanjut, saya rasa mobil konsep baik Daihatsu atau Toyota tidak semuanya diproduksi. Karena mobil konsep itu tujuannya macem-macem untuk pameran, survey pasar atau diproduksi,” katanya.

Seperti diketahui pemerintah sudah memberikan sinyal postif untuk mobil ramah lingkungan. Artinya bakal banyak mobil hybrid atau listrik di masa depan dengan model yang beragam. Karena sampai saat ini untuk hybrid lebih didominasi jenis sedan. 

Sedangkan pasar terbesar mobil penumpang di Indonesia adalah MPV yang memiliki konfigurasi tujuh penumpang. Saat disinggung Avanza dan Innova bakal mengkombinasikan mesin bahan bakar dengan motor listrik, Anton masih bungkam.

“Saya enggak berani bilang mungkin atau enggan mungkin, karena masih banyak hal yang kami tunggu dari principal. Masih terlalu dini sebenarnya untuk menyampaikannya,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi Marketing Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra masih bungkam seribu bahasa. Dia hanya mengatakan, alasan Hy-Fun dipamerkan sebagai bukti bahwa Daihatsu juga memiliki teknologi canggih.

“Belum, komentar Daihatsu menunggu dulu peraturan Kementerian Perindustrian (penurunan Pajak atas Barang Mewah mobil hybrid), belum bisa jawab,” ujarnya saat dihubungi 100kpj.com, Senin 19 Agustus 2019.

Amel panggilan akrabnya dalam keterangan resminya menyebut, Daihatsu menampilkan Hy-Fun sebagai world premiere concept car berbasis DNGA dengan bergam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi.

“Hy-Fun sangat cocok untuk digunakan bagi generasi dan keluarga milenial yang sangat erta terhubung dengan device dan teknologi. Kami berharap mobil ini dapat menjadi inspirasi dan salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia di masa mendatang,” tuturnya.

Share :
Berita Terkait