100KPJ

Jangan Kaget di Tangerang ada Bus Listrik yang Bisa Jalan Tanpa Sopir

Share :

100kpj – Demi menekan emisi karbon yang dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor, salah satu cara adalah menggunakan kendaraan listrik. Bahkan di Indonesia sudah ada bus listrik yang bisa jalan tanpa sopir alias otonom.

Mini bus listrik tersebut adalah milik PT Sinar Masa Land, yang digunakan sebagai armada warga BSD City, Tangerang. Kendaraan ramah lingkungan bernama Navya Autonom itu bisa menampung hingga 15 penumpang.

Namun tidak diketahui tingkatan dari teknologi otonom tersebut. Diduga kendaraan untuk mengangkut penumpang itu digunakan di area yang memiliki marka jalan jelas, agar sensor dan radar tetap membaca kondisi jalan.

Mobil otonom bisa berjalan sendiri karena disematkan berbagai radar, dan sensor untuk mendeteksi marka jalan, hingga objek di sekitar. Sama seperti pengereman, dan gas otomatis yang sudah disesuikan dari program. 

Bahayanya jika marka jalan tidak terdeteksi, setir tidak mengetahui arah jalan. Sangat berbahaya, terutama di dalam tidak ada sopir yang berjaga-jaga untuk mengambil alih ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada informasi terkait keberadaan karyawan, atau sopir di dalam kendaraan listrik tersebut. Begitu juga soal kecepatan maksimal, dan jarak tempuh yang diperoleh mini bus tersebut saat baterai terisi penuh.

Share :
Berita Terkait